SATUAN LAYANAN BIMBINGAN
DAN KONSELING
MENGELOLA EMOSI REMAJA
DALAM BELAJAR KELOMPOK
A. Topik : Mengelola
Emosi Remaja dalam Belajar
Kelompok
B.
Bidang Bimbingan : Sosial
C. Jenis Layanan : Informasi
D. Fungsi Layanan : Pemeliharaan dan Pengembangan
E. Kompetensi Dasar : Mengelola
atau mengontrol emosional remaja
F. Indikator :
1. Siswa dapat
memahami pengertian emosi
2. Siswa
dapat mengetahui bentuk dari emosi
3. Siwa dapat mengelola
emosi dalam dirinya
G. Strategi / Teknik : Ceramah, diskusi / tanya jawab
H. Deskripsi Materi : Terlampir
I. Sasaran : Siswa
kelas XI IPS-3 SMA N 1 SALATIGA
J. Semester : 1
(satu)
K. Tempat : Ruang
kelas X1 IPS 3
L. Waktu : 1
x 45 menit ( 15 November 2016)
M. Penyelenggara Layanan : Praktikan
N. Alat
dan Media : Laptop, LCD, Power Point, Video
O. Uraian kegiatan :
1.
Pendahuluan
a. Mengucap
salam dan good report.
b. Mengisi daftar presensi peserta didik.
c. Mengkondisikan peserta didik untuk memperhatikan layanan
yang akan diberikan.
2.
Apersepsi
Menanyakan kepada peserta didik tentang emosi
3.
Penyajian materi
a. Meminta peserta didik memaparkan
pemahaman
tentang emosi
b. Memberikan penjelasan tentang
mengelola
emosi
c. Menampilkan
video tentang emosi
4.
Penutup
a. Review materi yang sudah dipaparkan.
b. Mengakhiri
pertemuan kelas.
P. Rencana penilaian :
1. Penilaian
segera : dilakukan dengan mengamati keaktifan peserta didik saat
mengikuti kegiatan layanan tersebut.
2. Penilaian
jangka pendek : pemahaman materi
layanan oleh peserta didik.
3. Penilaian
jangka panjang : dengan menilai
perubahan yang terjadi atau dialami oleh siswa.
Q. Keterkaitan layanan : Konseling Individual
R. Catatan khusus : -
Salatiga, 10 November 2016
Koordinator BK Praktikan
Drs.
Suryana, M.Pd Rohayati
NIP.
19680525 19900311 2 2234 Mengetahui, NIM. K3114042
Kepala Sekolah
Drs. Eko Nur Sismadi
NIP. 19651205 19870516 2 1507
Tidak ada komentar:
Posting Komentar