Pages

Jumat, 25 November 2016

SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING


SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
MENGELOLA EMOSI REMAJA DALAM BELAJAR KELOMPOK

A.    Topik                                       : Mengelola Emosi Remaja dalam Belajar
 Kelompok
B.    Bidang Bimbingan                   : Sosial
C.    Jenis Layanan                          : Informasi      
D.    Fungsi Layanan                       : Pemeliharaan dan Pengembangan
E.     Kompetensi Dasar                   : Mengelola atau mengontrol emosional remaja
F.     Indikator                                 :
1.      Siswa dapat memahami pengertian emosi
2.      Siswa dapat mengetahui bentuk dari emosi
3.      Siwa dapat mengelola emosi dalam dirinya
G.    Strategi / Teknik                      : Ceramah, diskusi / tanya jawab
H.    Deskripsi Materi                      : Terlampir
I.       Sasaran                                   : Siswa kelas XI  IPS-3 SMA N 1 SALATIGA
J.      Semester                                  : 1 (satu)
K.    Tempat                                     : Ruang kelas X1 IPS 3
L.     Waktu                                     : 1 x 45 menit ( 15 November 2016)
M.   Penyelenggara Layanan            : Praktikan
N.    Alat dan Media                       : Laptop, LCD, Power Point, Video
O.    Uraian kegiatan                       :
1.         Pendahuluan
a.    Mengucap salam dan good report.
b.   Mengisi daftar presensi peserta didik.
c.   Mengkondisikan peserta didik untuk memperhatikan layanan yang akan diberikan.
2.         Apersepsi
Menanyakan kepada peserta didik tentang emosi
3.         Penyajian materi
a.    Meminta peserta didik memaparkan pemahaman tentang emosi
b.   Memberikan penjelasan tentang mengelola emosi
c.    Menampilkan video tentang emosi
4.         Penutup
a.   Review  materi yang sudah dipaparkan.
b.   Mengakhiri pertemuan kelas.
P.     Rencana penilaian                               :                                              
1.    Penilaian segera                        : dilakukan dengan mengamati keaktifan peserta didik saat mengikuti kegiatan layanan tersebut.
2.    Penilaian jangka pendek           : pemahaman materi layanan oleh peserta didik.
3.    Penilaian jangka panjang          : dengan menilai perubahan yang terjadi atau dialami oleh siswa.
Q.      Keterkaitan layanan                            : Konseling Individual
R.       Catatan khusus                                  : -
Salatiga, 10 November 2016

Koordinator BK                                                                      Praktikan
Drs. Suryana, M.Pd                                                                Rohayati
NIP. 19680525 19900311 2 2234      Mengetahui,                NIM. K3114042
Kepala Sekolah

Drs. Eko Nur Sismadi
NIP. 19651205 19870516 2 1507

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumat, 25 November 2016

SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING


SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
MENGELOLA EMOSI REMAJA DALAM BELAJAR KELOMPOK

A.    Topik                                       : Mengelola Emosi Remaja dalam Belajar
 Kelompok
B.    Bidang Bimbingan                   : Sosial
C.    Jenis Layanan                          : Informasi      
D.    Fungsi Layanan                       : Pemeliharaan dan Pengembangan
E.     Kompetensi Dasar                   : Mengelola atau mengontrol emosional remaja
F.     Indikator                                 :
1.      Siswa dapat memahami pengertian emosi
2.      Siswa dapat mengetahui bentuk dari emosi
3.      Siwa dapat mengelola emosi dalam dirinya
G.    Strategi / Teknik                      : Ceramah, diskusi / tanya jawab
H.    Deskripsi Materi                      : Terlampir
I.       Sasaran                                   : Siswa kelas XI  IPS-3 SMA N 1 SALATIGA
J.      Semester                                  : 1 (satu)
K.    Tempat                                     : Ruang kelas X1 IPS 3
L.     Waktu                                     : 1 x 45 menit ( 15 November 2016)
M.   Penyelenggara Layanan            : Praktikan
N.    Alat dan Media                       : Laptop, LCD, Power Point, Video
O.    Uraian kegiatan                       :
1.         Pendahuluan
a.    Mengucap salam dan good report.
b.   Mengisi daftar presensi peserta didik.
c.   Mengkondisikan peserta didik untuk memperhatikan layanan yang akan diberikan.
2.         Apersepsi
Menanyakan kepada peserta didik tentang emosi
3.         Penyajian materi
a.    Meminta peserta didik memaparkan pemahaman tentang emosi
b.   Memberikan penjelasan tentang mengelola emosi
c.    Menampilkan video tentang emosi
4.         Penutup
a.   Review  materi yang sudah dipaparkan.
b.   Mengakhiri pertemuan kelas.
P.     Rencana penilaian                               :                                              
1.    Penilaian segera                        : dilakukan dengan mengamati keaktifan peserta didik saat mengikuti kegiatan layanan tersebut.
2.    Penilaian jangka pendek           : pemahaman materi layanan oleh peserta didik.
3.    Penilaian jangka panjang          : dengan menilai perubahan yang terjadi atau dialami oleh siswa.
Q.      Keterkaitan layanan                            : Konseling Individual
R.       Catatan khusus                                  : -
Salatiga, 10 November 2016

Koordinator BK                                                                      Praktikan
Drs. Suryana, M.Pd                                                                Rohayati
NIP. 19680525 19900311 2 2234      Mengetahui,                NIM. K3114042
Kepala Sekolah

Drs. Eko Nur Sismadi
NIP. 19651205 19870516 2 1507

Tidak ada komentar:

Posting Komentar